Tips Untuk Berkata Tidak

Pernahkah Anda merasa begitu overload namun tak enak menolak teman yang meminta bantuan? Atau Anda mengiyakan tugas baru dari atasan padahal sebenarnya waktu Anda tak tersisa lagi minggu ini?Hati-hati, situasi tersebut bisa memicu timbulnya tekanan tertentu padahal sebenarnya bisa diatasi hanya dengan sebuah kata ‘tidak’.

Alasan Berkata ‘Tidak’
Meskipun berkata tidak bukanlah jawaban terbaik pada saat itu namun menyanggupinya malah akan memperburuk situasi. Akibatnya selain Anda bisa saja jatuh sakit karena kelelahan, Anda akan merasa sangat tertekan dan menyesali keadaan ini terus menerus. Situasi ini sangat tak menguntungkan bagi Anda ataupun lingkungan sekitar.

Mengukur kapasitas diri dengan cermat akan memudahkan Anda untuk berani berkata tidak. Selain Anda bisa membagi waktu untuk melakukan hal lain yang lebih menyenangkan, seperti bermain bersama anak atau mengerjakan hobi, tanggung jawab yang kini berada di tangan Andapun bisa dituntaskan dengan maksimal.

Kapan Berkata tidak?
Gunakan strategi berikut untuk menentukan mana aktivitas yang patut Anda iyakan atau sebaliknya

* Evaluasi berapa pekerjaan yang menjadi tanggungjawab Anda sampai saat ini. Susun skala prioritas dalam melakukannya. Tanyakan pada diri Anda, sanggupkah Anda menerima sebuah komitmen baru? Masih tersisakah waktu untuk itu?

* Berapa lama aktivitas baru itu akan memakan waktu Anda? Bila tambahan aktivitas tersebut sampai ‘merenggut’ hampir seluruh waktu istirahat Anda dan memaksa Anda terus bekerja tanpa istirahat, silahkan katakan tidak dari pada stres menjadi ‘teman’ baru Anda.

* Lepaskan rasa bersalah Anda ketika sahabat-sahabat Anda tiba-tiba mengajak hang out bersama sementara Anda sudah punya rencana dengan kekasih. Menolak ajakan ‘tiba-tiba’ bukan hal yang salah, lakukanlah apa yang sudah Anda rencanakan. Jangan relakan hidup Anda dalam kungkungan rasa bersalah.

* Mintalah waktu 1-2 hari untuk berpikir bila ada yang meminta bantuan Anda, jangan langsung menjawab. Gunakan waktu tersebut untuk mempertimbangkan apakah Anda masih punya ruang untuk melakukan satu pekerjaan lagi atau tidak. Pikirkan dengan matang, jangan salah menjawab.

Bagaimana Cara Mengatakannya
Berikut adalah hal yang harus Anda ingat bila Anda harus berkata tidak.

* Walau tak mudah pada awalnya, namun dengan memfokuskan pada situasi ‘overload’/tak nyaman yang bakal Anda alami, percayalah, berkata Tidak menjadi mudah.

* Dalam hidup ini selayaknya kita memberi perhatian secara proporsional pada setiap aspek dalam kehidupan kita. Jika satu aspek terlalu mendominasi waktu kita, keseimbangan hidup akan terganggu. Kondisi ini akan membuat sistem dalam tubuh terganggu pula.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: