Mengecilkan File Gambar Untuk Email Dengan Irfan View

Ketika akan mengirimkan foto lewat email, usahakan jangan mengirim file foto aslinya langsung dari kamera digital Anda, karena besar file-nya terlalu besar untuk ukuran inbox kebanyakan orang. Besar file yang dihasilkan kamera digital biasanya berukuran sekitar 1Mb atau lebih. Memang file ukuran besar masih bisa di-attach, tapi akan membuat email yang dikirimi akan penuh terisi file sebesar itu, bahkan beberapa akan langsung tidak akan menerima ukuran file sebesar itu.

Jadi sebelum meng-email-nya, pemikiran yang sangat bagus untuk mengurangi ukurannya. Begini caranya untuk melakukannya dengan menggunakan IrfanView:
1. Jalankan IrfanView dan buka file gambar yang akan Anda kirim.
2. Jika Anda ingin memotong gambar untuk menghilangkan background yang tidak diperlukan, buatlah kotak di area yang ingin Anda simpan dan kemudian pilih “crop selection” yang ada di menu Edit.
3. Dari menu Image pilih “Resize/resample…”
4. Di bagian kiri window Resize/resample, gantilah nilai width-nya ke ukuran 600 – 800 pixel, dan tekan OK.
5. Masuk ke menu View, pilih Display Options, dan kemudian pilih “Fit image to Window (1:1, recommended)” yang akan membuat Anda bisa melihat secara jelas ukuran baru file Anda. Jika Anda tidak menyukai ukuran baru ini, batalkan perubahan yang Anda lakukan dengan menekan Ctrl-Z dan ulangi langkah ke 4 dengan memasukkan nilai yang lain.
6. Kalau sudah puas dengan ukuran baru dari file Anda, masuk ke menu File dan pilih Save As. Jangan pilih Save karena akan menumpuk file asli Anda.
7. Beri nama lain untuk file Anda. Misal dengan menambahkan kata “email” di bagian depan nama file anda. Dengan begini Anda akan tahu file mana yang akan Anda email dan lebih penting lagi file aslinya tidak tertumpuk.
8. Di bawah nama file ganti “Save as type” ke JPG – JPEG
9. Window JPG/GIF save option akan muncul. Ganti Save Quality ke 75.
10. Klik Save.

Sekarang Anda akan mendapatkan file gambar dengan ukuran yang cocok untuk email. Jika Anda ingin tahu ukuran file-nya, klik kanan file-nya kemudian pilih Properties. Idealnya ukurannya seharusnya 100Kb atau lebih kecil dari itu. Memang kualitas file yang dikecilkan itu tidak sebagus aslinya. Tapi tidak berbeda terlalu banyak dan teman Anda akan berterima kasih karena tidak menyerang inbox mereka dengan file super besar.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: